Selasa, 04 November 2014


PASCAL

A.    Sejarah Pascal
Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.

B.     Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:
·         Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
·         User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
·         Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
·         Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
·         Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).
C.    Tipe Data
Dalam bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program. Tipe Data tersebut antara lain adalah

Tipe Data
Deskripsi (range variabel)
Byte   
angka dari 0 sampai 255
Integer
angka dari -32768 to 32767
Real
semua nilai pecahan dari 1E-38 to 1E+38
Boolean
nilai TRUE atau FALSE
Char
semua karakter dari tabel ASCII
String
semua huruf, spasi, frasa

CONTOH PASCAL

A.    CONTOH 1 PROGRAM MENGHITUN SUKU

Program Menghitung_Suku;
Uses Wincrt;
Var tot,suku:real;
 i:integer;
Begin
 tot:=0;
 suku:=2;
 While tot <= 3.9999 Do
 Begin
 tot:=tot+suku;
 i:=i+1;
 suku:=suku/2;
 End;
 writeln(i);
End.
B.     CONTOH 2 PROGRAM MENUKAR NILAI

Program Menukar_Nilai;
Uses WinCrt;
var A,B,C:integer;
Begin
 Writeln('Program Menukar Nilai A Menjadi B');
 Writeln('=================================');
 Writeln;
 Write('Masukkan Nilai A: ');readln(A);
 Write('Masukkan Nilai B: ');readln(B);
 Writeln;
 C:=A;
 A:=B;
 B:=C;
 Writeln;
 Writeln('Hasil A=',A,' B=',B);
End. 
C.    CONTOH 3 PROGRAM RATA-RATA

Program Menghitung_Rata_Rata;
Uses Wincrt;
Var n,x,i,tot:integer;
 rata:real;
Begin
 Writeln('Program Menghitung Rata-Rata');
 Writeln('============================');
 Writeln;
 Write('Masukkan Jumlah Bilangan: ');readln(n);
 Writeln;
 Writeln('Masukkan Bilangan: ');
 tot:=0;
 For i:= 1 to n do
 Begin
 Readln(x);
 tot:=tot+x;
 End;
 rata:=tot/n;
 Writeln;
 Writeln('Total Bilangan: ',tot:6);
 Writeln('Rata-Rata : ',rata:6:2);
End.

D.    CONTOH 4 PROGRAM SOLUSI BILANGAN BULAT

Program Solusi_Bilangan_Bulat;
Uses Wincrt;
Var i,n,x,y,z:integer;
Begin
 Writeln('Program Solusi Bilangan Bulat');
 Writeln('=============================');
 Writeln;
 for x:= 0 to 25 do
 for y:= 0 to 25 do
 for z:= 0 to 25 do
 if (x+y+z=25) then
 begin
 writeln(x,' ',y,' ',z);
 readln;
 end;
End. 
E.     CONTOH 5 PROGRAM MENENTUKAN SEGITIGA

Program Menentukan_Segitiga;
Uses Wincrt;
Var A,B,C,X,Y:integer;
Begin
 Writeln('Program Menentukan Segitiga');
 Writeln('=========================');
 Writeln;
 Write('Masukkan Sisi A: ');readln(A);
 Write('Masukkan Sisi B: ');readln(B);
 Write('Masukkan Sisi C: ');readln(C);
 Writeln;
 X:=sqr(C);
 Y:=sqr(A)+sqr(B);
 if (X<Y) then
 Writeln('Segitiga Lancip')
 else if (X=Y) then
 Writeln('Segitiga Siku-Siku')
 else
 Writeln('Segitiga Tumpul')
End.

F.     CONTOH 6 PROGRAM KONVERSI WAKTU

Program Konversi_Waktu;
Uses Wincrt;
Var j,m,d,h:integer;
begin
 Writeln('Program Konversi Waktu');
 Writeln('======================');
 Writeln;
 Write('Masukkan Jumlah Jam : ');readln(j);
 Write('Masukkan Jumlah Menit : ');readln(m);
 Write('Masukkan Jumlah Detik : ');readln(d);
 Writeln;
 h:=(j*3600)+(m*60)+d;
 Writeln('Jadi Hasil Konversi : ',h,' Detik');
end.

G.    CONTOH 7 PROGRAM MENGHITUNG JARAK

Program Menghitung_Jarak;
Uses WinCrt;
var
 x1,x2,y1,y2:integer;
 d:real;
begin
 Writeln('Program Menghitung Jarak Titik A dan B');
 Writeln('======================================');
 Writeln;
 Write('Masukan Nilai A (X1): ');readln(x1);
 Write('Masukan Nilai B (X2): ');readln(x2);
 Write('Masukan Nilai A (Y1): ');readln(y1);
 Write('Masukan Nilai B (Y2): ');readln(y2);
 d:=sqrt(sqr(x2-x1)+sqr(y2-y1));
 Writeln;
 Writeln('Jadi Jarak Titik A ke B Adalah: ',d:4:2);
end.

sumber:  https://www.academia.edu/6682074/MAKALAH_bahasa_pemrograman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar