PASCAL
A.
Sejarah Pascal
Pascal adalah
bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth,
seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada
tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal,
yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat
bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman
komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal
juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada
saat itu.
B.
Kelebihan dari bahasa
pemrograman Pascal adalah:
·
Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia
pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean,
integer, real, char, string,
·
User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data
lain yang diturunkan dari tipe data standar.
·
Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari
suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan
tipe data selain dari format yang ditentukan.
·
Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan
program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat
dipergunakan berulang-ulang.
·
Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan
sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan
dipahami.
Bahasa PASCAL
juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi
tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL
masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).
C.
Tipe Data
Dalam bahasa
Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah
variabel atau konstanta pada program. Tipe Data tersebut antara lain adalah
Tipe Data
|
Deskripsi (range variabel)
|
Byte
|
angka dari 0 sampai 255
|
Integer
|
angka dari -32768 to 32767
|
Real
|
semua nilai pecahan dari 1E-38 to 1E+38
|
Boolean
|
nilai TRUE atau FALSE
|
Char
|
semua karakter dari tabel ASCII
|
String
|
semua huruf, spasi, frasa
|
CONTOH PASCAL
A.
CONTOH 1 PROGRAM
MENGHITUN SUKU
Program
Menghitung_Suku;
Uses Wincrt;
Var
tot,suku:real;
i:integer;
Begin
tot:=0;
suku:=2;
While tot <= 3.9999 Do
Begin
tot:=tot+suku;
i:=i+1;
suku:=suku/2;
End;
writeln(i);
End.
B.
CONTOH 2 PROGRAM MENUKAR
NILAI
Program
Menukar_Nilai;
Uses WinCrt;
var
A,B,C:integer;
Begin
Writeln('Program Menukar Nilai A Menjadi B');
Writeln('=================================');
Writeln;
Write('Masukkan Nilai A: ');readln(A);
Write('Masukkan Nilai B: ');readln(B);
Writeln;
C:=A;
A:=B;
B:=C;
Writeln;
Writeln('Hasil A=',A,' B=',B);
End.
C.
CONTOH 3 PROGRAM RATA-RATA
Program
Menghitung_Rata_Rata;
Uses Wincrt;
Var
n,x,i,tot:integer;
rata:real;
Begin
Writeln('Program Menghitung Rata-Rata');
Writeln('============================');
Writeln;
Write('Masukkan Jumlah Bilangan: ');readln(n);
Writeln;
Writeln('Masukkan Bilangan: ');
tot:=0;
For i:= 1 to n do
Begin
Readln(x);
tot:=tot+x;
End;
rata:=tot/n;
Writeln;
Writeln('Total Bilangan: ',tot:6);
Writeln('Rata-Rata : ',rata:6:2);
End.
D.
CONTOH 4 PROGRAM
SOLUSI BILANGAN BULAT
Program
Solusi_Bilangan_Bulat;
Uses Wincrt;
Var
i,n,x,y,z:integer;
Begin
Writeln('Program Solusi Bilangan Bulat');
Writeln('=============================');
Writeln;
for x:= 0 to 25 do
for y:= 0 to 25 do
for z:= 0 to 25 do
if (x+y+z=25) then
begin
writeln(x,' ',y,' ',z);
readln;
end;
End.
E.
CONTOH 5 PROGRAM
MENENTUKAN SEGITIGA
Program
Menentukan_Segitiga;
Uses Wincrt;
Var
A,B,C,X,Y:integer;
Begin
Writeln('Program Menentukan Segitiga');
Writeln('=========================');
Writeln;
Write('Masukkan Sisi A: ');readln(A);
Write('Masukkan Sisi B: ');readln(B);
Write('Masukkan Sisi C: ');readln(C);
Writeln;
X:=sqr(C);
Y:=sqr(A)+sqr(B);
if (X<Y) then
Writeln('Segitiga Lancip')
else if (X=Y) then
Writeln('Segitiga Siku-Siku')
else
Writeln('Segitiga Tumpul')
End.
F.
CONTOH 6 PROGRAM
KONVERSI WAKTU
Program
Konversi_Waktu;
Uses Wincrt;
Var
j,m,d,h:integer;
begin
Writeln('Program Konversi Waktu');
Writeln('======================');
Writeln;
Write('Masukkan Jumlah Jam : ');readln(j);
Write('Masukkan Jumlah Menit : ');readln(m);
Write('Masukkan Jumlah Detik : ');readln(d);
Writeln;
h:=(j*3600)+(m*60)+d;
Writeln('Jadi Hasil Konversi : ',h,' Detik');
end.
G.
CONTOH 7 PROGRAM
MENGHITUNG JARAK
Program
Menghitung_Jarak;
Uses WinCrt;
var
x1,x2,y1,y2:integer;
d:real;
begin
Writeln('Program Menghitung Jarak Titik A dan
B');
Writeln('======================================');
Writeln;
Write('Masukan Nilai A (X1): ');readln(x1);
Write('Masukan Nilai B (X2): ');readln(x2);
Write('Masukan Nilai A (Y1): ');readln(y1);
Write('Masukan Nilai B (Y2): ');readln(y2);
d:=sqrt(sqr(x2-x1)+sqr(y2-y1));
Writeln;
Writeln('Jadi Jarak Titik A ke B Adalah:
',d:4:2);
end.
sumber: https://www.academia.edu/6682074/MAKALAH_bahasa_pemrograman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar